Latest News

Cara Menciptakan Belibis Goreng Madura Bumbu Hitam

Resep Bebek Goreng Madura Bumbu Hitam atau Bebek Ireng Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Daging belibis Madura goreng yang satu ini, memang mempunyai rasa yang gurih. dibandingkan dengan daging ayam goreng biasa. Daging belibis goreng juga mempunyai tekstur yang alot sedikit keras dan anyir dibanding dengan daging unggas lainnya. Tapi jangan khawatir ada cara untuk menghilangkan kedaluwarsa anyir pada daging bebek, balurkan belibis dengan air jeruk nipis biarkan selama kurleb 20 menit. Kemudian balur permukaan luar dengan garam dan merica bubuk. Untuk pemilihan daging bebek, pilih belibis yang tidak terlalu renta atau pilih belibis muda atau sekitar umur belibis 3 bulan. Di Madura ada banyak macam-macam jenis aneka kreasi olahan daging belibis goreng dan ada juga belibis bakar atau panggang yang tak kalah sedap. Inilah penampakan belibis Madura atau belibis ireng..

 Resep Bebek Goreng Madura Bumbu Hitam atau Bebek Ireng Pedas Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT BEBEK GORENG MADURA BUMBU HITAM
Gambar Bebek Madura Bumbu Hitam

Misalnya ada belibis Goreng Peterongan. Makanan belibis goreng pedas ini yaitu salah satu masakan di Pulau Madura yang sangat menarik untuk dicicipi. Lokasinya terdapat di Desa Peterongan, Bangkalan Madura. Masakan ini bahannya yaitu daging belibis muda, yang berbeda yaitu potongan belibis ini digoreng pribadi bersama rempah-rempah bumbunya yang juga mengandung cabai sehingga dalam penyajiannya tidak perlu disertai sambal. Selain itu masakan belibis goreng ini tidak menyertakan sayur lalapan menyerupai halnya belibis goreng yang biasa kita temui tetapi disajikan dengan serundeng parutan kelapa.

Rasanya sangat gurih dan sudah terasa pedas. Kelemahannya yaitu penyajiannya yang tanpa kuah dan banyak mengandung minyak terkadang menciptakan kita harus sering-sering minum air dikala memakannya dengan sepiring nasi putih. Kemudian ada belibis sinjay. Bebek sinjay yaitu salah satu makanan khas Madura Bangkalan yang mempunyai citarasa bumbu yang sangat enak, tekstur dagingnya sangat empuk dan lembut, apalagi ditambah dengan sambal pedas akan semakin wah rasanya. Lalu ada belibis Songkem Madura. Nah, agak menyimpang sedikit sebagai perbandingan saja beda lagi dengan Bebek Goreng Haji H.Slamet yang justru menentukan belibis berumur paling tua. Hal itu diungkapkan oleh Sugeng yang mempunyai rumah makan Bebek Goreng H.Slamet di Joglo, Kebon Jeruk, dan Tomang. “Kalau kebanyakan rumah makan belibis menentukan belibis berumur muda, lain dengan kita. Justru kita menentukan belibis umur renta sebagai materi baku di sini,” katanya dikala ditemui di Joglo. Meski begitu, lanjutnya, daging tidak alot dan rasanya tidak kalah dengan belibis muda. Kami punya belakang layar resep yang sanggup menciptakan daging belibis empuk, gurih, dan tidak kedaluwarsa amis. Bebek Goreng Haji Slamet Istimewa menyajikan sajian belibis goreng garing dan renyah di luar dan lembut dan empuk di dalam. Menu inilah yang dijagokan dengan paduan Sambal Korek pedas nikmat pas mantap. Sambal mentah yang dituangkan minyak goreng panas ini menjadi primadona alasannya yaitu rasa pedasnya yang khas. Karena resep masakan bebeknya mengacu pada tempat asal di Kartosuro, Solo, maka lalapan yang digunakan pun daun kates atau daun pepaya muda. Jangan takut pahit, alasannya yaitu daun rebus pepaya Bebek Goreng H.Slamet tidak begitu adanya. Beda lagi dengan belakang layar belibis goreng Surabaya, belibis goreng Denpasar Bali, dan belakang layar serta ciri khas belibis goreng dan belibis bakar dari tempat lain tentu masih banyak lagi. Nanti artikelnya akan terlalu panjang untuk itu kita bahas pada artikel khusus selanjutnya saja plus belakang layar resepnya dibongkar.

Resep rica rica belibis Madura atau yang lebih di kenal dengan sebutan Resep belibis bumbu hitam Madura (Bebek Ireng) yaitu masakan yang sangat istimewa ,di karenakan sensasi rasa yang sangat unik di pengecap akan mengakibatkan penikmatnya akan selalu ingin mencobanya lagi, di tempat asal Madura sana Resep nasi belibis bumbu hitam tidak kalah terkenalnya dengan sate ayam madura yang sudah melegenda itu. Berikut belakang layar kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi belibis Madura goreng bumbu hitam khas madura yang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan perjuangan belibis Madura.





RESEP BEBEK GORENG MADURA BUMBU HITAM


BAHAN :
  • 1 ekor belibis muda Potong 8/12/16 bagian, kemudian rebus/kukus sebentar buang airnya
  • 15 lbr daun jeruk
  • 2 batang daun sereh
  • 2 buah tomat iris
  • 1 sdm asam Jawa
  • 2 sdm gula merah
  • 500 ml minyak goreng atau bebeknya hingga terendam
BUMBU DIHALUSKAN :
  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 20 buah cabai rawit merah
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
CARA MEMBUAT BEBEK GORENG MADURA BUMBU HITAM :
  1. Campurkan semua materi dan bumbu di dalam wajan, masaklah dengan cara diungkep hingga matang, sambil di aduk sesekali.
  2. Cara untuk mendapat kuah hitamnya, masaklah terus hingga bumbunya menghitam. Caranya begini, masak pertama hingga tingkat matang, kemudian besoknya gres dipanasin lagi hingga bumbunya menghitam, jadi terserah anda mau pakai cara yang mana.
  3. Sajikan.

0 Response to "Cara Menciptakan Belibis Goreng Madura Bumbu Hitam"

Resep Kuliner Ayam Cah Kailan

Ayam Cah Kailan Masakan yang diolah dengan ditumis banyak terdapat pada ragam kuliner China. Cara mengolah menyerupai ini memerlukan w...