Latest News

Resep Menciptakan Masakan Ringan Bagus Lumpur

 Kue lumpur yang berbahan tepung terigu ini yaitu camilan anggun yang sudah dikenal di tanah air sej Resep Membuat Kue Lumpur

Kue Lumpur

Kue lumpur yang berbahan tepung terigu ini yaitu camilan anggun yang sudah dikenal di tanah air semenjak jaman dulu. Kue berwarna kuning dengan tektur lembut dan pemanis topping di atasnya ini banyak  dijumpai di toko-toko camilan anggun ataupun di pasar-pasar tradisional.



Kue ini tergolong sebagai camilan anggun basah, karenanya tidak dapat disimpan dalam jangka waktu usang menyerupai camilan anggun kering. Hal yang unik lainnya yaitu nama dari camilan anggun ini. Banyak orang bertanya-tanya mengapa camilan anggun ini disebut camilan anggun lumpur, sebagian orang menyampaikan alasannya sifat adonannya yang sedikit lembek menyerupai lumpur, sehingga disebut camilan anggun lumpur. Tetapi bentuk kesannya tidaklah selembek lumpur, karenanya penamaan ini cukup menarik untuk dipelajari asal mulanya.

Kue yang sudah termasuk camilan anggun orisinil Indonesia ini bantu-membantu berasal dari Lisbon, Portugal. Di sana camilan anggun ini disebut dengan Pasteis de Nata (Pastel Natal). Kue lumpur yang orisinil memang dibentuk benar-benar bertektur lembut menyerupai lumpur semacam camilan anggun susu telur yang merupakan makanan kecil di Eropa. Dalam versi Indonesia, camilan anggun ini terlihat sedikit agak pucat dan tekturnya tidak benar-benar lembut, sedikit lebih padat dari versi aslinya tetapi tetap merupakan camilan anggun yang enak untuk dinikmati.

Untuk membuatnya matang, camilan anggun lumpur harus dibakar di atas api sesudah gabungan dimasukkan ke dalam cetakan. Untuk topping yang dipakai dapat berupa kismis, kelapa muda, coklat, keju, atau sesuai selera Anda. Seperti camilan anggun pukis, kadang ada juga yang menambahkan daging sebagai topping camilan anggun lumpur mesikpun cukup jarang.

Bahan santan dan garam akan memperlihatkan rasa gurih pada camilan anggun lumpur yang berbentuk bundar tebal ini. Jika Anda ingin memakai waktu Anda hari ini untuk menciptakan camilan anggun lumpur silakan dicoba resep berikut ini :
Bahan :
  • 150 gram gula pasir
  • 250 gram tepung terigu
  • 450 gram kentang, kukus dan haluskan
  • 100 gram minyak sayur
  • 3 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 500 ml santan Kara (300 santan kara + 200 ml air), rebus, dinginkan.
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam

Cara menciptakan camilan anggun lumpur

  1. Kocok gula dan telur hingga putih dan mengembang, masukkan vanili, masukkan santan, aduk perlahan hingga rata.
  2. Masukkan terigu bertahap sambil terus diaduk hingga rata dan halus.
  3. Panaskan cetakan, oles sedikit minyak. Tuang gabungan dalam cetakan 3/4 penuh, beri topping kismis/kelapa muda atau materi lain yang kira-kira cocok. Bakar hingga matang.







0 Response to "Resep Menciptakan Masakan Ringan Bagus Lumpur"

Resep Kuliner Ayam Cah Kailan

Ayam Cah Kailan Masakan yang diolah dengan ditumis banyak terdapat pada ragam kuliner China. Cara mengolah menyerupai ini memerlukan w...