Latest News

Cara Menciptakan Wajik Ketan Gula Merah Manis

Resep Wajik Ketan Gula Merah Manis Sederhana Spesial Asli Enak. Kue wajik rasanya anggun enak banyak dipakai sebagai hidangan untuk tamu, kalau di Palembang, sumatera selatan khususnya dusun Babatan lintang empat lawang (L4L) masakan ringan anggun wajik ini sering disuguhkan pada hari lebaran hari raya idul fitri. Kue ketan anggun ini lembut dan empuk pada ketika digigit dan rasanya anggun gula merah atau gula aren yang disaring. Anda sanggup menciptakan varian wajik lainnya, ibarat wajik ketan pandan, wajik Bandung, wajik kletik, wajik ketan pandan hijau warna ijo, wajik ketan hitam, wajik ketan putih, dan wajit lainnya.

 Resep Wajik Ketan Gula Merah Manis Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT WAJIK KETAN GULA MERAH MANIS
Gambar Kue Wajik Ketan Gula Merah Manis

Menurut situs wikipedia sendiri Wajik ialah salah satu ragam kekayaan masakan di Indonesia. Kue wajik mempunyai beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat. Nama wajik sendiri lebih populer di tempat Jawa Tengah. Kue wajik di Sumatera disebut pulut manis. Wajik yang berasal dari ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik. Selain mempunyai sebutan yang berbeda-beda, Indonesia juga mempunyai bermaca-macam jenis wajik. Wajik yang paling dikenal ialah wajik ketan yaitu wajik yang berasal dari beras ketan. Meskipun Kue ini dikenal luas di Indonesia, masakan ringan anggun ini juga populer di negara tetangga, sehingga masakan ringan anggun ini kadang juga diakui sebagai masakan ringan anggun khas negara tetangga Indonesia.

Kue Wajik yang biasa di kenal masyarakat luas ialah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan. Wajik ketan terbuat dari beras ketan putih atau beras ketan hitam yang dikukus lalu dimasak dengan adonan santan, dan gula merah atau gula Jawa dan sanggup juga dengan gula pasir hingga berminyak dan terasa lembut dan empuk. Gula yang dipakai pada wajik jenis ini biasanya ialah gula merah walaupun ada juga yang membuatnya dengan gula Jawa atau gula pasir. Gula merah yang dipakai akan menciptakan wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat renta karamel. Setelah wajik diangkat dari tempat pengolahan, wajik lalu akan dibuat atau diiris sesuai dengan harapan pembuat. Bentuk yang biasa dibuat ialah bentuk belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa biasa disebut bentuk wajik, oleh sebab itu masakan ringan anggun ini berjulukan wajik. Kue wajik biasanya juga berbau harum sebab dalam pengolahannya memakai daun pandan hijau wangi.

Jenis - jenis wajik ketan selain berwarna coklat dan hitam ada pula yang mempunyai warna lain ibarat warna hijau dan warna merah muda. Warna hijau pada masakan ringan anggun wajik ketan hijau/ijo berasal dari pewarna alami yaitu dari sari daun suji, sedangkan warna merah muda sanggup didapat dari pewarna masakan alami. Wajik yang berwarna hijau dan merah muda tidak memakai gula merah melainkan memakai gula pasir atau gula putih.

Cita rasa Kue wajik mempunyai cita rasa manis. Rasa anggun tersebut sering pula di tambahkan dengan aroma lain ibarat rasa pandan dan panili sedangkan rasa masakan ini ada yang mempunyai rasa orisinil yaitu rasa gula merah dan rasa durian. Kue wajik mempunyai tekstur ibarat beras yang belum matang tetapi apabila dimakan akan terasa lembut dan gampang digigit.

MACAM-MACAM WAJIK DI INDONESIA

  1. Wajik kletik ialah masakan ringan anggun yang diakui khas dari Blitar. Wajik kletik juga mempunyai materi utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan. Bedanya wajik kletik dengan wajik ketan adalah, wajik kletik dibungkus kecil-kecil memakai kulit jagung atau klobot. Kulit jagung akan disetrika agar terbebas dari basil sehingga wajik menjadi lebih tahan usang alias awet.
  2. Wajik Bandung, nama wajik bandung diambil dari asal wilayahnya yaitu Bandung. Wajik bandung juga terbuat dari beras ketan, tetapi dicampur dengan kelapa parut dan gula. Wajik bandung dibungkus kecil-kecil memakai kertas minyak yang berwarna-warni. Kertas tersebut yang menciptakan penampilan wajik bandung menjadi lebih meriah. Perbedaan wajik ketan dan wajik bandung ialah pada teksturnya, pada wajik ketan teksturnya terlihat lebih banyak didominasi beras tetapi pada wajik bandung lebih banyak didominasi parutan kelapa disebut wajik ketan kelapa. Di Bandung wajik sering disebut wajit yang populer ialah wajit Cililin.
Berikut kami sajikan belakang layar kumpulan aneka resepi wajik ketan gula merah lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang dibahas secara lengkap, akurat, tajam dan terpercaya disini. Sedangkan untuk resep wajik lainnya akan dibahas pada artikel yang akan datang. Makara kangen dengan wajik sederhana buatan Kak Lukman Bahorie Denpasar Bali yang mantap itu sebagai embel-embel sajian sajian sedap lebaran maupun untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan perjuangan bisnis aneka wajik atau wajit.






RESEP KUE WAJIK KETAN


BAHAN :
  • 500 gram beras ketan, rendam selama 2 jam
  • 350 gram gula merah, sisir halus
  • 500 ml santan kelapa, dari 1 butir kelapa
  • 200 ml air, mendidih
  • 3/4 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
CARA MEMBUAT WAJIK KETAN GULA MERAH PANDAN :
  1. Kukuslah ketan dalam waktu 1/4 jam, angkat, siram dengan air mendidih, tunggu hingga terserap. Kukus ketan dalam waktu 1/2 jam.
  2. Masaklah gula merah, santan, garam, dan daun pandan sembari diaduk hingga berminyak.
  3. Masukkan 3/4 kepingan ketannya, lalu aduk hingga terserap dan menjadi berminyak. Kerjakanlah hal yang sama kepada sisa ketan namun tanpa dengan gula merah.
  4. Sediakan loyang persegi 22 sentimeter, olesilah memakai minyak lalu dialasi daun pisang.
  5. Tuang lalu ratakan wajik putih ke dalam loyang. Masukkanlah wajik gula merah pada atasnya.
  6. Berikutnya, potong sehabis dingin, lantas sajikan hidangkan.

0 Response to "Cara Menciptakan Wajik Ketan Gula Merah Manis"

Resep Kuliner Ayam Cah Kailan

Ayam Cah Kailan Masakan yang diolah dengan ditumis banyak terdapat pada ragam kuliner China. Cara mengolah menyerupai ini memerlukan w...