Latest News

Resep Menciptakan Sambal Kluwak

  Sambal kluwak yaitu sambal khas dari tempat Jawa Timur Resep Membuat Sambal Kluwak

Sambal Kluwak

Sambal kluwak yaitu sambal khas dari tempat Jawa Timur. Bahan utama dari sambal ini yaitu kluwak.



Kluwak atau sering disebut kluwek yaitu buah dari sebuahpohon  yang besar dan mempunyai tinggi rata-rata sekitar 40 meter sedangkan diameter batang dapat mencapai 2.5 meter. Pohon ini tidak ditanam melainkan tumbuh sendiri, biji dari buah yang jatuh ke tanah kesannya tumbuh dan menjadi pohon sebesar itu.

Pohon kluwak hanya ada di Indonesia, jadi apabila Anda sedang di luar negeri dan menemukan biji kluwak, dapat dipastikan itu yaitu produk impor dari Indonesia,

Buah dalam biji kluwaklah yang dipakai sebagai materi sambal atau bumbu dapur. Berwarna hitam, oleh lantaran itu dikala dipakai sebagai bumbu rawon akan menciptakan rawon berwarna hitam. Biji  kluwak tidak dapat dikonsumsi mentah lantaran beracun dan mengandung asam sianida konsentrasi tinggi. Jika memakan mentah biasanya timbul dampak menyerupai mual dan dan pusing. Tetapi kalau sudah direndam dan lalu direbus, kluwak menjadi materi makanan yang kondusif untuk dikonsumsi.

Kluwak mempunyai cangkang yang keras dan untuk mendapat daging buahnya harus dipecah dengan ulekan atau palu. Kluwak yang manis yaitu kluwak yang berat dan koplak.
Sambal kluwak akan sangat nikmat bila dimakan dengan nasi hangat, ikan, dan lalapan hijau, silakan dicoba resep berikut ini :
Bahan :
  • 2 buah kluwak renta mentah, rendam dalam air, rebus dan ambil isinya lalu dihaluskan
  • cabai rawit sesuai selera
  • setengah siung bawang putih
  • 1/2 cm kencur
  • garam secukupnya

Cara menciptakan sambal kluwak :

  1. Goreng cabe rawit dan bawang putih sebentar.
  2. Ulek semua materi hingga lembut, siap sajikan.



0 Response to "Resep Menciptakan Sambal Kluwak"

Resep Kuliner Ayam Cah Kailan

Ayam Cah Kailan Masakan yang diolah dengan ditumis banyak terdapat pada ragam kuliner China. Cara mengolah menyerupai ini memerlukan w...