Latest News

Resep Menciptakan Camilan Bagus Krasikan

 Krasikan yakni camilan bagus tradisional berbahan ketan yang merupakan camilan bagus khas kawasan Jogja Resep Membuat Kue Krasikan

Krasikan

Krasikan yakni camilan bagus tradisional berbahan ketan yang merupakan camilan bagus khas kawasan Jogja, Solo dan sekitarnya. Rasa camilan bagus ini bagus dan yummy seolah-olah jenang dodol. Krasikanmemiliki tekstur lebih garang dibandingkan dengan jenang/dodol yang bertekstur halus.



Di pasar tradisiona,l krasikan sanggup dengan gampang didapatkan. Biasanya dijual bersama jenang dan jadah dengan harga yang sangat terjangkau.

Kue ini umumnya berwarna coklat gampang dan mempunyai totol-totol di permukaannya. Bers ketan harus ditumbuk halus kemudian disangrai dan kemudian dicampur dengan gula

Jawa. Jika berkunjung ke Jogja atau Solo sempatkan mampir ke pasar tradisional dan membeli camilan bagus ini. Jika Anda ingin membuatnya sendiri, silakan coba resep berikut ini :
Bahan :
  • 300 gram beras ketan
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 butir kelapa diparut
  • 250 gram gula jawa
  • 500 cc santan dari 1 butir kelapa

Cara menciptakan krasikan

  1. Rendam beras ketan bersama air kapur sirih selama 1 jam, kemudian basuh dan tiriskan.
  2. Sangrai dalam wajan hingga warnanya kecoklatan kemudian angkat.
  3. Tumbuk ketan yang masih panas hingga setengah halus. Sangrai kelapa hingga warnanya kecoklatan, kemudian tumbuk hingga halus dan berminyak.
  4. Masak gula jawa bersama santan hingga mendidih. Saring dan masak lagi di atas api. Setelah mendidih masukkan ketan dan kelapa yang sudah ditumbuk.
  5. Aduk hingga rata dan kering kemudian angkat.
  6. Tuang gabungan ke dalam piring loyang 17,5x17,5x 3 cm, ratakan sambil ditekan-tekan hingga padat.
  7. Sesudah cuek potong-potong 3x5 cm. Untuk 15 potong.





0 Response to "Resep Menciptakan Camilan Bagus Krasikan"

Resep Kuliner Ayam Cah Kailan

Ayam Cah Kailan Masakan yang diolah dengan ditumis banyak terdapat pada ragam kuliner China. Cara mengolah menyerupai ini memerlukan w...