Latest News

Resep Menciptakan Wajik Ketan

 Wajik ketan yaitu jajanan khas Indonesia Resep Membuat Wajik Ketan

Wajik Ketan

Wajik ketan yaitu jajanan khas Indonesia. Berbahan ketan putih yang lalu diolah dengan gula merah atau dapat juga dengan gula putih. Selain ketan putih, ketan hitam juga dipakai untuk menciptakan makanan ringan bagus wajik.




Bentuk wajik ketan secara tradisional yaitu belah ketupat, tetapi ada juga yang membuatnya dalam bentuk persegi atau persegi panjang dan aku juga pernah menemui wajik yang berbentuk segi tiga atau jajaran genjang. Bentuk-bentuk geometri menempel bersahabat pada jajanan khas ini. Oleh alasannya itu bentuk menyerupai belah ketupat yang juga merupakan lambang "diamond" pada permainan kartu juga sering disebut dengan wajik.

Rasa yang menempel pada makanan ringan bagus tradisional ini yaitu manis, gurih lantaran kandungan minyak dari santan, dan tekstur yang kenyal dan agak bernafsu tetapi empuk lantaran ketan yang diolah menjadi wajik tidak dihancurkan tetapi tetap berbentuk butiran ketan yang lengket satu sama lain.

Di Jawa Tengah dan di pulau Jawa umumnya makanan ringan bagus ini disebut dengan wajik, tetapi di Sumatera disebut dengan pulut manis.

Kue wajik juga populer di Malysia dan dianggap sebagai jajanan khas Melayu.

Kue wajik masih banyak dijual di toko-toko makanan ringan bagus tradisional/jajanan pasar. Tetapi sering juga dibuat  oleh ibu-ibu rumah tangga untuk cemilan sehari-hari atau sebagai menu di acara-acara khusus menyerupai pada hari raya Idul Fitri. Berikut ini resepnya, silakan Anda coba membuatnya.
Bahan :
  • 700 gram beras ketan putih
  • 200 gram gula Jawa, sisir
  • 75 gram gula pasir
  • 650 ml santandari 1/2 butir kelapa parut
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong

Cara Memasak Wajik Ketan

  1. Cuci beras ketan, rendam dalam air selama 2 jam. Tiriskan.
  2. Kukus ketan selama 30 menit atau sampai beras ketan setengah matang. Angkat.
  3. Rebus gula pasir, gula jawa, santan, garam, dan daun pandan. Masak sampai mendidih.
  4. Tambahkan ketan ke dalam rebusan santan. Msak sambil diaduk-aduk sampai santan terserap habis. Angkat.
  5. Kukus kembali ketan selama 20 menit atau sampai ketan benar-benar matang. Angkat.
  6. Tuang gabungan wajik ke dalamloyang yang sudah dioles minyak atau dialas dengan plastik/daun pisang. Tekan dan ratakan. Setelah dingin, potong-potong. Sajikan, untuk 20 orang.




0 Response to "Resep Menciptakan Wajik Ketan"

Resep Kuliner Ayam Cah Kailan

Ayam Cah Kailan Masakan yang diolah dengan ditumis banyak terdapat pada ragam kuliner China. Cara mengolah menyerupai ini memerlukan w...