Latest News

Resep Menciptakan Mata Kebo

 Mata kebo merupakan jajanan tradisional khas nusantara Resep Membuat Mata Kebo

Mata Kebo

Mata kebo merupakan jajanan tradisional khas nusantara. Mata kebo mempunyai tekstur yang unik dari perpaduan singkong, pisang dan kelapa, serta mempunyai rasa yang lezat.



Kue Mata Kebo sangat terkenal di seluruh wilayah Indonesia. Rasanya yang kenyal membuatnya menjadi jajanan tradisonal yang disukai hingga hari ini. Kue ini disebut dengan mata kebo alasannya ialah bentuknya yang bulat menyerupai mata kerbau. Dalam resep ini ialah mata kebo yang berbahan utama singkong, tetapi ada juga makanan ringan cantik lain yang disebut mata kebo juga, dan berbahan dasar tepung dan isian kacang hijau dan di Jawa Timur disebut dengan cocor bebek. Di kesempatan lain aku akan tulis resep mata kebo versi kacang hijau yang merupakan jajanan tradisonal khas Jogja. Bentuknya menyerupai ini :
Mata Kebo khas Jogja
Kue mata kebo walaupun sangat popule r tetapi juga sudah jarang ditemui di toko-toko penjual kue. Kue ini masih sering muncul di cara-acara khsusus. Nama lain dari makanan ringan cantik mata kebo versi singkong ialah makanan ringan cantik beling mata.

Untuk membuat estetika yang lebih indah untuk dipandang, mata kebo biasnya diberikan sedikit pewarna sehabis diparut. Warna yang mayoritas ialah warna merah, merah muda, dan hijau. Adonan singkong yang sudah diparut diberikansedikit gula dan vanili kemudian dibungkus dengan daun pisang dan di tengahnya diselipkan pisang.

Setelah makanan ringan cantik matang dan didinginkan kemudian dipotong-potong melintang. Dan sehabis dipotong nampak bab tenghnya yaitu pisang, dan kalau diamati bentuknya memang menyerupai mata kerbau atau mata yang berkacamata, Setelah dipotong-potong, makanan ringan cantik diberikan taburan kelapa dan disajikan. Kue ini biasanya dinikmati bersama dengan minum teh hangat.

Bahan :
  • 1 kg singkong parut
  • 1/2 butir kelapa agak muda, parut (1)
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 tetes sumba kuning
  • 2 buah pisang tanduk
  • daun pisang secukupnya
  • 5 sendok kelapa parut diberi sedikit garam dan dikukus (2)

Cara membuat Mata Kebo

  1. Campur singkong parut bersama kelapa parut (1), gula, vanili, garam, dan sumba, aduk hingga rata.
  2. Kupas pisang kemudian bungkus pisang utuh dengan adonan, bungkus dengan daun pisang, kukus hingga matang.
  3. Hidangkan dengan memotong-motong melintang setebal 1 cm dan hidangkan bersama kelapa parut (2)



0 Response to "Resep Menciptakan Mata Kebo"

Resep Kuliner Ayam Cah Kailan

Ayam Cah Kailan Masakan yang diolah dengan ditumis banyak terdapat pada ragam kuliner China. Cara mengolah menyerupai ini memerlukan w...